Bimbingan Teknis Budidaya Kakao oleh Mahasiswa KKN Universitas Jember 2019

24 Agustus 2019 15:33:45 WIB

Pelatihan pembuatan MOL dan pestisida nabati.

(Kamis, 08 Agustus 2019) Mahasiswa KKN Unej menyelenggarakan Bimtek praktik pemangkasan dan peremajaan pohon kakao. "Pohon kakao di desa Wonoanti ini masih banyak yang rindang dan menurut informasi dari bapak kepala dusun ada sebagian anggota kelompok tani yang belum tahu cara melakukan peremajaan pohon kakao (entres). Sehingga kami berinisiatif untuk melakukan Bimtek ini." ujar Mifttah Choirul Azahri koordinator mahasiswa KKN Unej di Wonoanti. Dan diharapkan Bimtek tersebut bisa membuat petani lebih rajin lagi dalam melakukan pemangkasan pohon kakao dan peremajaannya.

     Selain itu, mahasiswa KKN Unej juga melakukan praktik pelatihan pembuatan MOL (Mikoorganisme Lokal) yang berguna sebagai campuran pupuk kompos dan pembuatan pestisida nabati yang berguna untuk mencegah hama helopeltys dan kutu putih yang akhir-akhir ini marak menyerang kakao petani di desa Wonoanti. Bahan dasar yang digunakan juga sangat sederhana dan mudah untuk didapatkan yaitu MOL yang berbahan dasar bonggol pisang dan pestisida nabati yang berbahan dasar bawang putih. "Pelatihan ini sangat bermanfaat bagi kelompok tani karena bahan dasarnya yang sangat mudah ditemuikan oleh petani sehingga kemungkinan besar diterapkan di kebunnya. Semoga dengan pelatihan inii menjadi titik awal untuk meningkatkan kualitas pertanian di desa Wonoanti khususnya dusun Bulih." ujar bapak Jumino kepala dusun Bulih sekaligus ketua kelompok tani Gemah Ripah 4. Dan diharapkan masih ada lagi inovasi-inovasi pertanian oleh mahasiswa KKN Unej sehingga mampu untuk membantu meningkatkan kualitas pertanian khususnya pertanian kakao di desa Wonoanti dan mengembalikan kejayaan komoditi kakao di desa Wonoanti. 

     Dan acara tersebut ditutup dengan pemberian secara simbolis bantuan alat pemangkas kakao oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Pacitan. Bantuan yang diberikan berupa 28 buah pisau galah dan gergaji ranting yang diberikan secara simbolis oleh mahasiswa KKN Unej kepada ketua kelompok tani gemah ripah 4. Diharapkan dengan diberikan bantuan tersebut mampu memotivasi petani untuk lebih rajin lagi merawat kakao mereka, dan yang lebih penting lagi untuk menumbuhkan kesadarannya sehingga mereka tetap melakukan perawatan yang baik dan benar walaupun sudah tidak didampingi oleh mahasiswa KKN Unej nantinya. 

     

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Lokasi Wonoanti

tampilkan dalam peta lebih besar